Lapas Pemuda Langkat Gelar Deteksi Dini Razia dan Test Urine serta Cek Sarpras Ke Seluruh Blok Hunia

By Jay Sinaga 31 Mei 2024, 09:14:56 WIB Daerah
Lapas Pemuda Langkat Gelar Deteksi Dini Razia dan Test Urine serta Cek Sarpras Ke Seluruh Blok Hunia

Keterangan Gambar : Istimewa


Wujudkan Zona Integritas, Lapas Pemuda Langkat Gelar Deteksi Dini Razia dan Test Urine serta Cek Sarpras Ke Seluruh Blok Hunian


Langkat, KIBNEWS

Baca Lainnya :


Dalam rangka mewujudkan Zona Integritas menuju wilayah WBK (Wilayah Bebas Korupsi) serta WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani)di Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas III Langkat, Jajaran Lapas Pemuda Langkat Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Deteksi Dini Razia ke seluruh blok hunian serta memastikan Sarana Prasarana Pelayanan kepada Warga Binaan. Kamis (30/05).


Melaksanakan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju, sesuai dengan instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan yakni: deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan peredaran gelap narkoba, dan sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya, ditambah dengan back to basics.


Kegiatan razia gabungan isedentil yang dipimpin langsung oleh Kalapas Pemuda Langkat, Raymon Andika Girsang dan didampingi oleh Pejabat Struktural beserta jajaran staf dan regu pengamanan melakukan razia pada seluruh blok hunian dan dimulai pada pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai.


Dalam arahannya Bapak Kalapas mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan menciptakan suasana aman, tertib serta nyaman serta memastikan zero halinar serta tidak adanya kegiatan terlarang di kamar hunian Lapas Pemuda Langkat serta menjadi data dukung menuju zona integritas nantinya. Bapak Kalapas juga memberikan penguatan Tugas Pokok dan Fungsi kepada petugas agar melakukan pemeriksaan secara teliti mulai dari P2U serta menggunaakan pakain dinas sesuai dengan Permenkumham No.9 Tahun 2023.


"Razia penggeledahan kamar hunian adalah untuk keamanan dan ketertiban didalam lingkungan lapas khusus nya berpotensi gangguan keamanan di Lapas, saya berharap agar seluruh jajaran memastikan zero halinar di seluruh kamar hunian agar semua warga binaan bisa aman, nyaman dan tenang dalam beraktivitas dan menjalani masa pidananya hingga bebas dan diterima oleh keluarga dan masyarakat,”tegasnya.


Dalam perpanjangan tangan Kalapas dalam razia kali ini Kasubsi Kamtib, Hotler Krisman Pasaribu dan Kasubsi Pembinaan, Marhisar Sinaga menyatakan pelayanan integrasi terhadap WBP terus disosialisasikan, adapan blok kamar hunian yang digeledah yakni Blok A kamar 03,05 dan 07, 10, Blok B kamar 02, 04, 07 dan 08, dan Blok C mulai dari kamar 01-20.


Dari hasil penggeledahan razia yang dilakukan malam ini serta langkah-langkah deteksi dini sebelum dan sesudah yang dilakukan, seluruh hasil penggeledahan dimusnahkan dengan cara dibakar.


Tak hanya itu, Deteksi dini yang kami lakukan yaitu melakukan tes urin terhadap WBP secara acak.


Marhisar Sinaga mengatakan bahwa kegiatan ini terus rutin dilaksanakan untuk deteksi dini demi terciptanya keamanan dan ketertiban lapas.


"Diharapkan, langkah ini dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan Lapas yang bersih dari narkoba. Kegiatan ini rutin dilaksanakan dan menjadi bukti nyata komitmen bersama Lapas Pemuda Langkat untuk menjaga integritas dan keamanan di dalam Lapas,” Jelasnya.


Dari hasil tes urine yang diperiksa langsung oleh Petugas Kesehatan Lapas, semua menunjukkan hasil negatif (-).


Dengan terlaksananya kegiatan ini Lapas Pemuda Langkat memastikan terlaksananya Zero Halinar serta sarana dan prasarana pelayanan terhadap WBP sudah dilaksanakan sebaik-baiknya sesuai dengan SOP yang berlaku. (Agung)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment