Jhon Tulus R Sitompul Penyintas Cancer Leukimia
Semangat adalah kunci utama dalam pemulihan bagi penderita Cancer

By admin 18 Mei 2023, 14:37:55 WIB Kesehatan
Jhon Tulus R Sitompul Penyintas Cancer Leukimia

Keterangan Gambar : Proses kemoterapi


Jhon Tulus R Sitompul,

Ketika saya didiagnosa menderita Cancer multiple myeloma ( Leukimia ) pada usia 45 tahun, hal itu sangat  mengganggu saya. Saya merasa tidak ada harapan lagi seperti apa pun ini, Tuhan memiliki rencana untuk hidup saya bahkan sebelum saya lahir. Rupanya, kanker dimaksudkan untuk menjadi bagian darinya. Jadi, tidak ada gunanya marah atau kesal tentang hal itu atau mengadakan pesta kasihan yang besar bagi diri saya sendiri. Ini hanya nasib saya dalam hidup. 


Baca Lainnya :

Saya memilih Beacon Hospital yang berada di Petaling Jaya, KL untuk pengobatan multiple myeloma saya karena itulah yang direkomendasikan oleh dokter saya. Tapi saya sudah datang ke sini secara teratur untuk pemeriksaan kanker. Jadi, saya mempercayai dokternya sebagai tenaga medis profesional dan ahli dalam pengobatan kanker . Ternyata, kepercayaan itu ditempatkan dengan baik. Karena saya masih di sini, 5 tahun kemudian. Dan, kanker saya masih dalam remisi .


Diagnosis multiple myeloma yang mengejutkan mengarah ke pengobatan putaran pertama


Pada saat saya didiagnosis, penyakit saya dianggap tidak dapat disembuhkan. Multiple myeloma hanya memiliki tiga tahap , dan saya berada di tahap terakhir. Saya mengalami  kondisi yang cukup mengkhawatirkan. Tapi Pet CT Scan menunjukkan lesi kanker di seluruh tulang belakang dan tulang rusuk saya. Lumbal 5 tulang punggung  belakang saya mengalami kerusakan  karena kanker tumbuh menembus tulang.


Spesialis Myeloma Dr. Vincent Phua Ee, Tapi pertama-tama, saya memerlukan kemoterapi selama 10 siklus 4 x satu siklus bawah ahli onkologi untuk mengobati lesi di tulang belakang saya, dan beberapa putaran obat kemoterapi yang disebut bortezomib Valcade untuk mempersiapkan tubuh saya untuk transplantasi sel punca.


Kekambuhan multiple myeloma mengarah ke uji klinis.


Sayangnya, kanker saya kambuh beberapa tahun kemudian. Tetapi Dr. Suhartono Madjlus berkata bahwa saya adalah kandidat yang baik untuk uji klinis yang melibatkan obat terapi target baru yang sekarang disebut immunoterapi. Jika saya bergabung, saya akan mendapatkan infus obat itu sebulan sekali, kemudian minum obat kemoterapi oral yang disebut teledomide dua hari sekali selama 21 hari setiap bulan.


Saya berpikir tentang semua orang yang menderita kanker, dan bagaimana beberapa dari mereka dapat mengatasinya dengan baik dan yang lainnya tidak. Saya merasa memiliki penyakit ini mungkin menjadi kesempatan bagi dokter untuk mempelajarinya lebih dekat dan mungkin menemukan obatnya. Jadi, jika saya dapat membantu proses itu, saya ingin melakukanya.


Saya bergabung dengan uji klinis pada bulan November 2019. Itu berjalan sangat baik, dan perawatan eksperimental yang saya terima mengembalikan remisi saya dalam waktu satu tahun.


Saya masih memiliki sedikit kelemahan di punggung dan kaki saya. Dan saya menggunakan obat yang berbeda hari ini karena kambuh lagi. Saya mungkin harus terus meminumnya selama sisa hidup saya. Tapi tidak apa-apa.


Saya tidak bisa berkeliling semudah yang saya inginkan lagi, tetapi saya masih hidup dan mampu melakukan sebagian besar hal yang ingin saya lakukan. Ketika saya didiagnosis pada tahun 2019 akhir harapan hidup seseorang dengan multiple myeloma hanya lima tahun. Dan inilah saya, masih ada setelah 4 tahun.


Saya belum sepenuhnya pulih karena multiple myeloma tidak dapat disembuhkan hanya dapat di manage dan dibarengi dengan Kemo tulang rutin Zometa setiap satu bulan sekali.


Saya juga melihat spesialis multiple Tetapi semua dokter dan staf yang saya temui di Beacon Hospital sangat luar biasa. Dan saya berterima kasih atas perhatian Dr. Suhartono Madjlus, Sp.Khom


Saya percaya jika perjalanan hidup saya selesai, maka saya juga akan selesai. Jadi, saya pasti belum melakukan semua yang seharusnya saya lakukan dulu. Saya berterima kasih kepada Tuhan dan Dr. Vincent Phua Ee, MBBS, FRCR karena memberi saya lebih banyak waktu untuk mencapai tujuan saya, karena saya tahu dengan bantuan mereka, saya akan melakukannya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment