Sambut Mudik 2023, Daimler Commercial Vehicle Indonesia Kembali Hadirkan Lebaran Rescue 2023

By admin 11 Apr 2023, 07:46:46 WIB Teknologi
Sambut Mudik 2023, Daimler Commercial Vehicle Indonesia Kembali Hadirkan Lebaran Rescue 2023

Keterangan Gambar : Location of Mercedes-Benz Bus Mudik Posts in Sumatra and Java Area


CnvJakarta, KIB NEWS - Tahun 2023 menjadi tahun perdana perayaan Idul Fitri tanpa syarat khusus dari pemerintah. Masyarakat sudah bebas melakukan mudik ke kampung halaman. 


Tentu saja keadaan ini menjadi pertanda yang baik bagi berbagai macam perusahaan otobus untuk berpartisipasi penuh di Lebaran 2023. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) ikut berpartisipasi dalam kegiatan mudik lebaran. 

Baca Lainnya :


Perusahaan otobus pun akan mengalami peningkatan dalam memberikan layanan mudik. Oleh karena itu, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) sebagai agen tunggal penjualan resmi kendaraan Mercedes-Benz Bus dan Truk di Indonesia akan kembali menghadirkan program Lebaran Rescue 2023 pada 17 - 29 April 2023.


Program Lebaran Rescue 2023 ini merupakan program layanan 24 jam bagi pelanggan Mercedes-Benz Bus sehingga para pemudik yang menggunakan jasa Bus Mercedes-Benz akan mengalami perjalanan yang nyaman dan aman selama mudik lebaran 2023. 


Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang, DCVI menambah jumlah titik pelayanan di tahun 2023 hingga mencapai 11 titik, meningkat dibanding tahun 2022 yang mana hanya tersedia 6 rescue point. Dengan peningkatan ini, DCVI ingin memastikan tercapainya segala fasilitas dan servis bagi pelanggannya, dimana fasilitas dan servis yang diberikan terdiri dari:

• Gratis biaya inspeksi

• Pelayanan darurat, yang terdiri dari:

o Gratis inspeksi on the spot

o Dukungan teknis dan pelayanan purna jual lain selama 24 jam

o Pelayanan konsultasi dan dukungan teknis

• Gratis biaya teknisi untuk pelayanan darurat dan cek kesehatan mesin di tiap titik.


Program ini diadakan untuk memastikan dukungan penuh pihak DCVI kepada seluruh pelanggan Mercedes-Benz Bus yang memberikan layanan mudik lebaran 2023. Naeem Hassim selaku Presiden Direktur DCVI mengatakan bahwa DCVI mendukung penuh program “Mudik Aman Berkesan”, dari Kementerian Perhubungan. 


“Kami sebagai pelaku industri mendukung penuh program pemerintah, hal ini tidak lepas dari tanggung jawab kami dalam menjaga performa unit kami. Lewat program pemerintah ini berbagai bengkel dari DCVI akan bisa diakses di aplikasi Kemenhub berbasis web dan mobile bernama Mitra Darat yang berisi semua informasi mengenai mudik, lokasi posko mudik, bengkel beserta nomor teleponnya.” tegasnya.


Untuk pertama kalinya setelah pandemi COVID-19, lebaran diadakan dengan pembatasan yang sangat minim. Sehingga, lebaran kali ini akan menjadi momen spesial bagi sebagian masyarakat yang sebelumnya belum sempat merasakan kehangatan pertemuan keluarga di hari raya Idul Fitri. Libur hari raya lebaran juga merupakan hari penting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang tersebar di semua pulau untuk bisa memiliki kesempatan kembali ke kampung halaman. 


Besarnya animo mudik di hari raya lebaran tentu juga dipengaruhi oleh kepercayaan masyarakat kepada sarana transportasi bus yang masih menjadi transportasi umum paling dicari dan paling banyak memberikan pelayanan selama hari raya lebaran.


“Supaya terus mampu memenuhi kepercayaan besar masyarakat atas transportasi yang aman dan nyaman di momen penting ini, DCVI menggandeng diler resmi kami di beberapa titik untuk menyediakan layanan 24 jam. Dengan penambahan titik pelayanan, besar harapan kami untuk bisa mencakup area-area terpadat yang riskan macet dan memiliki waktu tempuh panjang. Dengan ini, kami ingin selalu memastikan para pelanggan Bus Mercedes-Benz mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang maksimal.” ujar Naeem Hassim.


Penambahan titik pelayanan pada lebaran tahun 2023 ini juga diiringi dengan peningkatan jumlah personil yang diharapkan bisa melayani permintaan dari pelanggan Bus Mercedes-Benz. DCVI memastikan para dealer menyiapkan 18 personil siaga di 7 titik bengkel siaga, dan juga 15 personil di 4 service points. Selain penambahan personil, teknologi pengecekan menggunakan Star Diagnosis dan ECU SPACE juga akan tersedia di tiap bengkel siaga. Mobil servis pun disiapkan oleh masing-masing diler untuk bisa memenuhi permintaan spare-parts ataupun peralatan teknis lainnya.

Berikut daftar 7 bengkel siaga dan 4 service points:


• Jakarta: PT Hartono Raya Motor, Jl. Raya Daan Mogot Km.1 No. 99

• Bandung: PT Citrakarya Pranata, Jl. Soekarno Hatta No 727

• Semarang: PT Hartono Raya Motor, Jl. Raya Semarang Km.10

• Yogyakarta: PT Kalimas Arubu Indonesia, Jl. Raya Solo-Yogyakarta Km.9

• Surabaya: PT Transforma Oto Prima, Jl. Tambak Osowilangun No.23,

• Surabaya: PT Hartono Raya Motor, Jl. Demak 166-170

• Medan: PT Kanindo Mitra Usaha, Jl. Sisingamangaraja XII

• Cirebon: RM Brawijaya, Exit Tol Ciperna (Service point)

• Semarang: RM Sendang Wungu, Alas Roban, Jl. Raya Pantura No.17 (Service point)

• Surabaya: RM Puritama, Situbondo, Jl. Raya Pasir Putih (Service point)

• Palembang: RM Tri Arga, Jl. Soekarno Hatta (Service point)

Pengenalan Mercedes-Benz Axor M-Cab


Selain menghadirkan dukungan untuk armada bus dalam melayani mudik 2023, DCVI juga menghadirkan produk baru Mercedes-Benz Axor M-Cab untuk mendukung industri logistik kedepannya. Axor M-Cab Euro 4 ini merupakan pengembangan dari Mercedes-Benz Axor Euro 4 yang dirilis pada tengah tahun lalu. 


Produk ini hadir masih dengan teknologi yang sama seperti pendahulunya, namun dengan penambahan dimensi pada kabin pengemudi dan juga fasilitas-fasilitas baru untuk mendukung kenyamanan pengemudi. 


Axor M-Cab ini masih ditenagai dengan mesin yang sama OM 906 LA dan dilengkapi dengan Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump), yang merupakan kombinasi yang cocok untuk dioperasikan di Indonesia. Kombinasi dua teknologi ini memberikan waktu operasi (uptime) yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000km, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan emisi yang lebih bersih.


Perbedaan dengan pendahulunya ada pada panjang dimensinya. Kabin tractor-head mendapatkan penambahan dimensi di belakang kursi supir. Mercedes-Benz Axor M-Cab hadir dengan ruang istirahat yang lebih luas, sehingga pengendara dapat lebih mudah dan nyaman ketika beristirahat. Selain ranjang, di belakang kursi sopir memiliki dimensi lebih luas. Kursi penumpang juga dapat dilipat sehingga pengemudi dapat berbaring melintang dari kursi penumpang hingga kursi sopir.


Produk ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan tambahan yang lebih besar di bawah ranjang dan di bawah kursi penumpang. Pada kursi penumpang, unit baru ini juga menambahkan footrest yang dapat dilipat. Penambahan ini merupakan fasilitas terbaru bagi operator yang menginginkan truk ini dikendarai oleh dua orang. 


“Axor M-Cab hadir dengan bentuk kabin yang lebih besar dan dilengkapi dengan tempat tidur yang lebih luas untuk sopir. Hadirnya perluasan dimensi kabin ini diharapkan dapat lebih jauh mendukung dan turut memajukan industri logistik yang selama ini sudah menjadi segmen bagi produk kami, Mercedes-Benz Axor,” ujar Faustina, Head of Product Management and Marketing DCVI.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment