Buka Bimbingan Manasik Haji Akbar, Wali Kota Medan Ajak Jamaah Mengikuti Dengan Sungguh-Sungguh

By admin 18 Mei 2023, 08:10:39 WIB Dunia Islam
Buka Bimbingan Manasik Haji Akbar, Wali Kota Medan Ajak Jamaah Mengikuti Dengan Sungguh-Sungguh

Medan, KIB News - Sebanyak 2152 orang calon jamaah haji asal kota Medan mengikuti bimbingan Manasik Haji Akbar tahun 2023 yang diadakan di Asrama Haji Medan, Rabu (17/5).

Manasik haji yang berlangsung dari tanggal 17-18 Mei 2023 ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, M. Sofyan.


Baca Lainnya :

Dalam sambutanya Wali Kota Medan berpesan agar seluruh calon jamaah haji dapat dengan sungguh-sungguh mengikuti manasik akbar tersebut, sebab manasik haji ini sangat penting sebagai dasar bagi para jamaah calon haji dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah nantinya.


"Bimbingan Manasik Haji ini merupakan salah satu upaya dasar dalam rangka pembelajaran melaksanakan secara benar seluruh rukun islam yang ke 5. Kegiatan ini akan memberikan dampak psikologis yang positif terhadap pelaksanaan haji bagi para Duyufurrahman sekalian, karena itu Bapak Wali Kota Medan berpesan agar seluruh calon jamaah haji dapat dengan serius dan sungguh-sungguh mengikuti setiap materi dalam manasik haji ini."kata M. Sofyan saat membacakan sambutan Wali Kota Medan Bobby Nasution.


Hal yang tidak kalah penting lagi, dikatakan M. Sofyan, melalui kegiatan bimbingan manasik haji akan memberikan pemahaman dan pengalaman nilai-nilai agama kepada calon jamaah haji terutama mengenai tata cara ritual keagamaan utamanya ibadah haji yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


"Selain itu kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk membangun empati dalam diri para Duyufurrahman agar mereka tidak hanya memperdulikan diri sendiri dan abai terhadap nasib orang-orang disekitarnya. Harus dibangun narasi untuk saling membantu sesama jamaah, membangun empati serta sikap solidaritas sehingga semua jamaah akan mampu memiliki kepekaan sosial yang tinggi nantinya."ujar M. Sofyan.


Terakhir M. Sofyan mengajak seluruh calon jamaah haji agar mulai mempelajari dan melatih semua rukun haji baik yang sunah terutama yang wajib.


"Mari kita pelajari semua materi yang ada didalam bimbingan manasik haji ini sehingga nantinya bisa kembali ke tanah air dengan menyandang predikat Haji dan Hajjah yang mabrur."ajaknya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment