Menpora : Drawing Piala Dunia U-20 Akan Digelar 1 April Mendatang

By admin 30 Jan 2023, 22:33:00 WIB Olahraga
Menpora : Drawing Piala Dunia U-20 Akan Digelar  1 April Mendatang

Jakarta, KIB News - Menpora RI Zainudin Amali menyampaikan undian atau drawing grup Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 1 April mendatang.


"Drawing-nya 1 April. Itu terus akan ada Trophy Tour, kita akan arak trofinya di berbagai kota. Kemarin saya sudah lapor ke Pak Presiden," kata Menpora.

Baca Lainnya :


Selain Trophy Tour yang menjadi salah satu rangkaian Piala Dunia U-20, Menpora mengatakan panitia akan menyelenggarakan upacara pembukaan untuk meningkatkan kemeriahan acara. Sebelumnya seremoni pembukaan tidak masuk ke dalam agenda.


"Cuma memang sekarang kita sedang persiapkan opening-nya. Kan tadinya tidak ada opening. Tapi pada saat pertemuan saya dengan Presiden FIFA di Doha menjelang final Piala Dunia itu, akhirnya beliau setuju ada opening di Piala Dunia U-20. Ini sedang kita persiapkan. Itu yang menangani langsung Wishnutama," ucapnya.


Ia juga menegaskan tidak ada perubahan arena yang akan dipakai pada ajang yang juga dikenal dengan piala dunia junior tersebut. Namun Menpora belum bisa menjabarkan daftar stadion yang dipilih untuk laga penyisihan hingga ke final.


"Stadionnya tidak berubah, tetap di SUGBK, Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, GBT Surabaya, Jakabaring Palembang, dan I Wayan Dipta Bali. Siapa yang main di sana di penyisihan [sampai final], tentu kita belum tahu," ujarnya.


Saat ini sudah ada 12 negara yang memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Indonesia masih menjadi satu-satunya wakil karena berstatus tuan rumah.


"Sampai sekarang baru ada 12 negara, Asia sendiri baru Indonesia, yang empat lagi baru akan dipertandingkan antara Maret di Piala Asia U-20. Kemudian Afrika juga belum. Juga untuk Amerika Selatan, itu juga belum. Jadi masih ada 12 [peserta] lagi," ucapnya.


Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Ada 24 tim yang menjadi peserta turnamen tertinggi kelompok usia di bawah 20 tahun.


Argentina yang merupakan negara dengan gelar terbanyak, enam trofi, sudah dipastikan tak lolos ke Piala Dunia U-20 2023.


Turnamen ini menjadi ajang berbagai bintang sepak bola dunia saat masih di level junior seperti Lionel Messi, Sergio Aguero, Paul Pogba, hingga Erling Haaland. (cnn)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment