Mata Kucing Bersinar Dalam gelap

By admin 22 Apr 2023, 23:24:42 WIB Komunitas
Mata Kucing Bersinar Dalam gelap

KIB News & Tv - Kucing dan banyak hewan lainnya, termasuk anjing, dapat memantulkan cahaya dari mata mereka. Akibatnya, mata kucing biasanya bersinar cemerlang dalam foto yang diambil di ruangan yang gelap, atau ketika diterangi oleh senter atau lampu mobil dalam gelap.


Spesies dengan mata bercahaya telah berevolusi untuk melihat lebih baik dalam cahaya rendah karena mereka mencari makan atau harus waspada terhadap predator sepanjang malam, atau mereka berburu terutama saat fajar dan senja.

Baca Lainnya :


Faktanya, kucing peliharaan hanya dapat melihat 16 persen cahaya yang perlu dilihat manusia.


Kucing dapat melakukan ini karena pupil mereka-yang muncul sebagai cincin cahaya hitam di tengah mata mereka yang melebar dan menyempit dalam kondisi cahaya yang istimewa.


Pupil berfungsi seperti jendela, dengan pupil yang lebih besar memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke mata. Dalam cahaya redup, pupil kucing bisa mencapai 50 persen lebih besar dari pupil manusia. Mereka juga memiliki lebih dari jenis tertentu dari sel fotoreseptor di belakang mata mereka daripada yang kita lakukan. Sel-sel ini, yang disebut sel batang, yang menjebak cahaya tingkat rendah.


Mata hewan lain juga bersinar:

Banyak hewan lain yang perlu dilihat pada malam hari memiliki lapisan koroid berbentuk kerucut. Ini termasuk predator dan mangsa, dari rubah liar hingga domba dan kambing yang dibudidayakan.

Lapisan koroid berbentuk kerucut juga berguna untuk ikan, lumba-lumba, dan hewan air lainnya karena membantu mereka melihat lebih baik di air yang keruh dan gelap.


Pada hewan darat, kerucut terletak di bagian atas mata di belakang retina karena mereka perlu melihat hal-hal terbaik di tanah. Tetapi pada hewan air, kerucut mengambil sebagian besar mata, karena mereka perlu melihat segala sesuatu di sekitar mereka dalam gelap.


Seperti kucing, lemur, primata kecil, dan kerabatnya. Bayi hutan juga dikenal sebagai "monyet malam," ia juga memiliki kerucut super reflektif yang terbuat dari riboflavin.

Meskipun banyak hewan memiliki mata, beberapa anjing domestik kecil tidak memiliki fitur ini.


Sebagian besar hewan dengan mata biru dan bulu putih atau terang juga kehilangan sifat ini.

Jadi jika mata anjing atau kucing Anda tidak bersinar, jangan panik. Spesies lain dalam daftar tanpa lapisan koroid berbentuk kerucut termasuk burung, reptil, dan sebagian besar hewan pengerat dan primata, termasuk manusia.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment